Senin, 29 November 2010

Perbedaan Sistem Operasi android, Windows Mobile dan Bada

Android
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.


Windows mobile
Windows Mobile adalah salah satu Sistem Operasi mobile Yang di kembangkan oleh Microsoft, dan di desain untuk di gunakan pada Smartphone dan Perangkat Nirkabel lainya. Versi saat ini di sebut ‘Windows Mobile 6.5′. OS ini berbasis pada Windows CE 5.2 Kernel, dan fitur-fiturnya di kembangkan menggunakan Microsoft Windows API. Windows Mobile di desain sedemikian rupa agar mirip dengan versi Windows Desktop. Sebagai tambahan, Third party Software Development tersedia untuk Windows Mobile. Pertama kali di rilis sebagai Sistem Operasi Pocket PC 2000, kebanyakan perangkat Windows Mobile di lengakapi dengan Stylus Pen, yang mana di gunakan untuk memasukan perintah-perintah dengan cara men-tap-nya di layar. Microsoft menngumumkan Platform baru, Windows 7 Series, di Mobile World Congress di Barcelona pada 15 Februari 2010. Perangkat yang menggunakan Windows Mobile 6.x series tidak dapat di upgrade ke seri Windows 7.

Bada
Bada adalah system informasi yang dirancang terbuka (open platform) yang merupakan system operasi buatan Samsung yang diumumkan pada akhir 2009 kemarin. Bada, diambil dari bahasa Korea yang artinya lautan (ocean). Konon, nama ini mencerminkan peluang tidak terbatas pembuatan aplikasi berbasis platform baru tersebut bagi para developer, maupun fungsi-fungsi yang bakal dinikmati pemakai hape-nya.
Dengan menempatkan diri sebagai platform terbuka, sepertinya Samsung berharap segera bisa menggaet banyak developer untuk membangun aplikasi di atas platform baru ini. Belajar dari sejarah, makin banyaknya aplikasi menarik, makin banyak pemakai hape bersistem operasi tersebut.
Catatan mengesankan diraih oleh Samsung S8500 Wave. Ponsel pertama yang menjalankan sistem operasi Bada ini mencapai rekor 1 juta unit penjualan dalam waktu empat minggu. Rekor ini memang masih kalah dengan penjualan ponsel produksi Apple, iPhone 4 yang mencatat rekor 1.7 juta penjualan hanya dalam kurun waktu tiga hari.
Mengingat sistem operasi Bada yang masih baru dan baru pertama kali dijalankan oleh Samsung melalui S8500 Wave, prestasi penjualan ini mengalahkan iPhone generasi pertama yang membutuhkan waktu sektar dua bulan untuk mencapai rekor i juta unit. Prestasi ponsel berlayar AMOLED ini tetap dapat dikatakan sangat baik.

Entri Populer